Text
Kebijakan Pembaruan Pendidikan :konsep, teori, dan model
Buku ini membahas pelaksanaan kebijakan dalam rangka perbaikan dan pengembangan sistem pembelajaran pada tingkat satuan pendidikan. Sasaran utama adalah para pelaksana kebijakan pada tingkat organisasi paling rendah, yaitu guru, dosen, pamong belajar atau tutor. Secara umum, model pembaruan pendidikan dapat dikelompokkan ke dalam dua model, yaitu top-down model dan bottom-up model. Penulis memberikan beberapa model antara lain: Broad Based Education (BBE), SBM (school based management) dan CBM (community based mana- gement). Kebijakan BBE berfokus pada pendekatan pendidikan Life-Skills atau pendidikan kecakapan hidup, yang diikuti oleh kebijakan pengembangan kurikulum berbasis pada kompetensi (KBK). Antara BBE, SBM, CBM, Life Skills dan KBK mempunyai keterkaitan struktural. BBE dianggap sebagai salah satu alternatif pendekatan dalam pendidikan yang paling efektif untuk tidak membatasi pendidikan pada aspek-aspek atribut formal. SBM dan CBM (community based management) dianggap sebagai salah satu model manajemen yang dianggap efektif untuk memberikan kemandirian kelembagaan pendidikan pada jalur sekolah (formal) dan pada jalur luar sekolah (non-formal).
Tidak tersedia versi lain