Semua orang dapat berkomunikasi, minimal secara non verbal. Namun tak semua komunikasi manusia bernilai logis, meski dimotori oleh rasio. Komunikasi yang tak logis itu di satu sisi menunjukkan kedunguan sang komunikator, di sisi lain dapat membodohi komunikan. Karena berefek buruk, komunikasi tak logis seyogianya dihindari dan diganti oleh komunikasi logis. Yang dimaksud dengan komunikasi lo…
Filsafat menjadi imaji yang senantiasa mengidentifikasi bahwa waktu melintas di atas interval linearitas. Ia membentang dari belakang ke depan. Itulah cara manusia modern menyikapi tahapan sejarah. Modernisme, yang menjadi basis filosofi peradigma modern yang mengajarkan bahwa masa lalu itu adalah bagian kekinian. Filsafat hukum yang senantiasa bertumpu pada berbagai ragam aliran, paham, keraga…
Profesionalitas guru merupakan keniscayaan yang perlu terus dibangun demi meningkatkan kualitas pembelajaran dan keberhasilan pendidikan. Dengan kata lain, keberhasilan pendidikan dan pembelajaran ada di tangan guru.
Menurut Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, guru disebut profesional apabila memiliki empat kompetensi. Kompetensi tersebut adalah,....
Orang tua adalah guru pertama dan selamanya bagi seorang anak. Sebagai guru di sebuah instansi pendidikan, pada dasarnya Anda tengah menerima tongkat estafet pembelajaran anak dari rumah ke sekolah, agar anak dapat memperoleh pengetahuan yang lebih tinggi dari guru lain yang lebih ahli, seperti Anda. Namun, jika anak tetap bisa dapat dua guru sekaligus, di rumah dan di sekolah, kenapa tidak?
Pekerjaan rumah (PR) selalu jadi topik yang agak kontroversial. Kerap terjadi perdebatan mengenai dampak nyata metode ini, khususnya di satuan pendidikan dasar.
Buku ini adalah bantuan sempurna bagi para guru dalam merencanakan dan mempraktikan intervensi pada anak.
Pendidikan PAUD & SD/MI sebagai fondasi dalam pendidikan tidak bisa dianggap sepele. Setiap pendidik perlu melakukan usaha dan mengambil langkah-langkah guna memenuhi tuntutan profesinya. Profesionalisme guru adalah hal yang masih banyak dipermasalahkan saat ini. Kategori profesionalisme sendiri juga masih membingungkan dan terus dipertanyakan.
Dalam buku ini, dijelaskan siklus penerapan, dan rencana kegiatan; beserta saran untuk menerapkan berbagai tipe observasi, pedoman untuk menggunakan metode observasi secara efektif guna menilai pengetahuan dan pemahaman anak, serta penjelasan cara menggunakan informasi tersebut untuk menyusun rencana kegiatan di masa depan. Dengan buku ini, praktisi PAUD dapat menjamin bahwa anak-anak asuhan…