Text
EVALUASI PEMBELAJARAN SD
Buku Keguruan berjudul Buku Evaluasi Pembelajaran SD merupakan karya Nila Hayati, Dina Fadilah, Musabihatul Kudsiyah dan Muh. Yazid. Kualitas pendidikan tidak dapat dilepaskan dari prosedur evaluasi berupa pengukuran hasil belajar pendidikan karena pengukuran merupakan salah satu dari sekian faktor dalam sistem yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan. Memperbaiki kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan membuat sistem pengukuran yang baik. Prosedur pada kegiatan pengukuran harus sistematis, pelaksanaannya pun harus memiliki akuntabilitas yang tinggi, serta hasilnya diharapkan dapat menjelaskan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Dengan dilakukannya pengukuran, seorang pendidik akan dengan mudah menilai sejauh mana tingkat pemahaman dan penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran, bahkan dengan mudah dapat dihimpun informasi sampai sejauh mana peserta didik mampu mengaplikasikan, menyintesis, dan menganalisis materi yang diajarkan oleh pendidik.
Oleh karena itu sangatlah penting para calon guru diberikan bekal pengetahuan dan pemahaman bagaimana melakukan proses evaluasi yang baik. Pembahasan buku ini diawali dengan diuraikan tentang pengertian tes, pengukuran, penilaian, dan evaluasi hasil belajar, contoh kegiatan-kegiatan yang termasuk pengukuran, penilaian, dan evaluasi hasil belajar, serta hubungan antara kegiatan pengukuran, penilaian, dan evaluasi hasil belajar. Selain itu juga akan diuraikan tentang tujuan dan fungsi dilaksanakannya evaluasi hasil belajar. Melalui materi ini diharapkan mahasiswa memperoleh pemahaman konsep tentang tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi hasil belajar, serta mampu membedakannya dengan memberikan contoh secara umum dan terlebih secara khusus dalam proses pembelajaran di kelas dari masing-masing kegiatan tersebut.
Tidak tersedia versi lain