Text
TANGGULANGI BAHAYA LATEN MAHASISWA CALON GURU!: Khusus calon guru kimia
Bahaya laten bagi mahasiswa calon guru, terutama guru Kimia adalah miskonsepsi (MK). Berawal dari penelitian yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi perubahan konsepsi dan tingkat konflik kognitif mahasiswa dengan beban MK kimia tinggi, gaya belajar sequential-global seimbang, dan tingkat konflik kognitif (TKK) antara sedang dan tinggi pada implementasi strategi conceptual change yang dipadukan dengan peer learning. Strategi conceptual change dalam penelitian ini terdiri atas empat tahap, yaitu: (1) tahap konfirmasi MK, (2) tahap penciptaan kondisi konflik, (3) tahap pemberian bantuan untuk terjadinya ekuilibrasi, dan (4) tahap rekonstruksi pemahaman (melalui kegiatan peer learning dengan mengisi lembar RPPL dan analisis konsep sebelum peer learning).
Analisis dalam buku ini dilakukan secara verbal, yaitu dilihat dari perubahan konsepsi pada jawaban lisan dan tertulis; dan nonverbal, yaitu dilihat dari body language, gestur, dan ekspresi wajah mahasiswa ketika pelaksanaan strategi conceptual change. Hasil dan diskusi hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh mahasiswa subjek penelitian telah mengalami perubahan konsepsi yang semula miskonsepsi menjadi paham konsep di akhir guru dan memiliki jenis TKK yang bersifat konstruktif. Hasil ini dibuktikan dari jawaban verbal dan nonverbal seluruh mahasiswa subjek penelitian tetap berada pada kategori paham konsep (PK) setelah tes retensi konsepsi dilakukan.
Tidak tersedia versi lain